Karir Protean Guru
Pada Sabtu, 3 April 2021, pukul 10.00 –
11.00 Wita Radio Alkhair 92, 7 FM bersama Komunitas Guru Belajar Hulu Sungai
Tengah (KGB HST) menyiarkan acara Temu Pendidik Daerah KGB HST. Acara yang berlangsung selama satu jam
ini mengambil
tema
Karir Protean Guru Berdampak pada
Kompetensi Guru. Acara TPD
ini selain disiarkan secara live di radio Alkhair 92, 7 FM, juga melalui FB
Alkhair FM 92, 7, dan Zoom Meeting dengan ID: https://us02web.zoom.us/j/9445648323
passcode: alkhairfm.
Dalam tampilan flyer acara yang bertindak sebagai host Lina Erma Yanti dan co-host
Sri Mujayati, keduanya merupakan penggerak KGB HST. Narasumber berasal dari Kampus Guru Cikal yaitu Indriani Puspa
dan Rofiqoh Nur Istighfar
(Opy),
beliau berdua merupakan Koordinator Unit Karir Guru Belajar. Tetapi ibu
Indriani Puspa tidak dapat bergabung pada saat acara berlangsung, dikarenakan beliau ada kegiatan lain yang tidak bisa
ditinggalkan.
Terkait dengan
tema, ‘Apa sebenarnya yang dimaksud dengan karier protean guru?’. Adakah karir
yang lebih tinggi dari kepala sekolah atau pengawas sekolah bagi guru?. Secara
administrasi karir guru memang sebatas itu, namun guru masih bisa mengembangkan
karirnya di bidang lain yang masih berhubungan dengan dunia pendidikan.
Pertanyaan ibu Opy tersebut untuk membuka penjelasan.
Kemudian bapak
Ikhwan menanyakan karir lain apa yang sesuai untuk guru? Lalu
bagaimana cara mengembangkan karir tersebut? Menurut ibu Opy, sebelum memilih karir protean guru tersebut harus merdeka belajar
dulu. Guru juga harus dapat mengenali tujuan
menjadi guru (purpose & dream), mengenali kekuatan dan kelemahan diri, dan
menetapkan tujuan pengembangan karir guru.
Karir lain
yang bisa diambil guru selain sebagai pengajar di sekolah antara lain: penulis,
pendongeng, penyusun naskah, pencipta konten, editor,
fotografer, videografer, atlet, koki, pembicara public, designer grafis, atau
pelatih.
Seorang guru dengan mengenali tujuan
dirinya menjadi guru, mengenali kekuatan (kemampuan) yang ada di dirinya maka
akan memudahkan bagi guru tersebut untuk memilih dan menetapkan tujuan karir
protean yang dipilihnya. Sehingga karir protean yang dipilih tidak hanya
berguna bagi dirinya sendiri namun juga
bagi murid dan lingkungannya. Misalkan saja guru memilih menjadi penulis, maka
ia dapat membuat buku solo. Buku tersebut bisa diajukan untuk usul penilaian
angka kredit dan bisa dijadikan sebagai buku pembelajaran untuk murid di
sekolahnya serta sekolah sekitarnya.
Ibu Opy
kemudian menjelaskan tentang Unit Karir Guru Belajar yang ada di Yayasan Guru
Belajar (YGB). Guru dapat mengembangkan karir sebagai guru belajar, dalam unit
ini terdapat: empat kunci pengembangan guru (kemerdekaan, kolaborasi, kompetensi,
karir), pergeseran makna karir guru, dan penyusunan desain pengembangan diri
sebagai guru yang merdeka.
Dalam unit ini
guru dapat menapaki jenjang karir sesuai dengan jangka waktu dan angka kredit
yang diperolehnya. Angka kredit diperoleh dari kegiatan yang diikuti. Jenjang
karir yang tersedia:
1. Orientasi
Prasyarat: durasi selama 2 tahun, jumlah kredit 0, dan
berkesempatan mengikuti kegiatan sosialisasi menjadi pemandu.
2. Exploration
Prasyarat: durasi t tahun, jumlah kredit 100, dan
berkesempatan mengikuti kegiatan sosial menjadi pemandu, pembicara obrolan.
3. Mastery
Prasyarat: durasi selama 1 tahun, jumlah kredit 600, dan
berkesempatan mengikuti kegiatan sosial (pemandu, pembicara obrolan) dan
kegiatan profesional (pelatih prakerja designer modul, pembicara, nara sumber,
konten kreator, penulis, penyunting).
4. Professional
Prasyarat: durasi 2 tahun, jumlah kredit 1.000, dan dan
berkesempatan mengikuti kegiatan sosial (pemandu, pembicara obrolan) dan
kegiatan profesional (pelatih prakerja designer modul, pembicara, nara sumber,
konten kreator, penulis, penyunting).
5. Business
Prasyarat: durasi 1 tahun, jumlah kredit 1.000, dan dan
berkesempatan mengikuti kegiatan sosial (pemandu, pembicara obrolan) dan
kegiatan profesional (pelatih prakerja designer modul, pembicara, nara sumber,
konten kreator, penulis, penyunting).
Untuk setiap
jenjang karier guru harus memenuhi tugas dan tanggung jawabnya, yaitu:
1.
Setiap
guru berkarir aktif terlibat dalam program yang ditawarkan oleh YGB ataupun
program dari luar YGB.
2.
Dalam
jangka waktu 3 bulan, setiap guru berkarier minimal terlibat dalam 1 program
sosial.
3.
Setiap
menyelesaikan tugas dari peran yang diambil, guru berkarier mengisi refleksi
sederhana berdasarkan panduan dari Unit Bisnis YGB.
4.
Guru
berkarier mengisi form atau file manajemen karir sehingga data tugas, peran,
serta jam terbang yang sudah di lakukan bisa terdata.
Ibu juga
memberikan informasi bahwa di tahun 2020, YGB telah mengeluarkan dana sejumlah Rp.
161.800.000,00 untuk kegiatan profesional bagi 74 pelatih pada 4 pilihan karir
dengan honor terendah Rp. 300.000,00 dan tertinggi Rp. 11.600.000,00 tergantug
pada banyak kegiatan yang diikuti. Sehubungan dengan pelatihan pak Mujib
menanyakan apakah untuk menjadi pelatih itu bisa secara on line? Di masa pandemi
ini memang dilakukan secara on line,
namun kemungkinan setelah pandemi ini kegiatan pelatihan bisa dilakukan secara off line
seperti sebelumnya, papar ibu Opy. Bila suatu komunitas guru ingin mengundang
pelatih dari YGB dapat menghubungi ibu Opy melalui KGB yang ada di daerahnya.
Acara
berakhir dengan closing statement
dari ibu Opy agar para guru masuk saja dulu. Coba dulu. Jangan ragu. Ayo
berkarir bersama membangun karier protean. Dari uraian di atas karir protean
guru sangat berdampak bagi kompetensi guru, antara lain bisa meningkatkan
pengetahuan, kreatifitas, perolehan angka kredit, dan sebagai bonus bisa
menambah pendapatan. Bila ingin bergabung dan mengembangkan karir dalam Guru
Berkarir YGB silakan mengisi form menjadi Guru berkarir yang ada pada link http://bit.ly/DaftarGuruBerkarier .
Posting Komentar